Beranda » Uncategorized » Ekspansi Pemodal Asing Meresahkan Pengusaha Furnitur Jepara

Ekspansi Pemodal Asing Meresahkan Pengusaha Furnitur Jepara

T Diposting oleh pada 4 Juni 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 281 kali

Pemerintah Kabupaten Jepara (Pemkab Jepara) diminta untuk lebih serius dalam memberikan perlindungan bagi keberlangsungan industri furnitur Jepara dan kerajinan kayu jati di daerah tersebut. Perlindungan yang dimaksud adalah dalam hal pemberian izin kepada investor asing yang akan membuka usaha pengolahan kayu di wilayah Kabupaten Jepara. Sejauh ini, Pemerintah Kabupaten Jepara dianggap masih terlalu longgar dalam hal ini.

industri produk jepara

Kelonggaran izin kepada investor asing dianggap digunakan oleh orang-orang tertentu yang benar-benar dapat mengancam kedaulatan industri mebel dan kerajinan kayu jati di Kabupaten Jepara. “Sejauh ini, banyak investor asing telah memasuki pusat furnitur di Jepara, seperti Cina dan Korea. Namun, investor Cinalah yang paling banyak,” kata Alfiatun, salah satu pengrajin set kursi jati dan furnitur Jepara lainnya.

Yang mengkhawatirkan, kata Alfiatun, ada cukup banyak bisnis asing di pusat furnitur Jepara yang hanya menggunakan orang lokal. Misalnya, membeli aset tanah masyarakat untuk meminjam nama untuk mendirikan tempat usaha di Jepara.

Secara umum, ini dilakukan untuk menyederhanakan persyaratan untuk membangun bisnis atau untuk memperlancar proses perizinan. “Untuk investasi asing langsung (PMA), sebenarnya sulit untuk berurusan dengan izin, jadi mereka menggunakan orang kita untuk memfasilitasi perizinan,” jelasnya.

Masih kata Alfiatun, bahkan cara yang lebih ekstrem juga dilakukan. Misalnya dengan kawin kontrak dengan seorang wanita Jepara. Fenomena ini marak di Jepara, yang menurutnya bisa mengancam masa depan industri furnitur Jepara. Pada akhirnya, pengusaha lokal tidak memiliki nilai tawar sampai kemampuan untuk dapat melawan kekuatan keuangan investor asing.

Hal yang sama juga disepakati oleh Susilowati, pembuat kamar set jati lainnya. Dia khawatir bahwa kekuatan investor asing akan menggeser pengusaha lokal dan mengendalikan industri furnitur di Jepara.

Dia juga khawatir beberapa orang di Jepara masih bisa digunakan. Sejauh ini, memang telah ada ekspansi investor asing di industri furnitur di Jepara. Jika dulu pembeli asing membeli produk furnitur Jepara dari pameran, sekarang pemilik modal juga bebas datang langsung ke pusat-pusat industri melalui masyarakat setempat.

Belum ada Komentar untuk Ekspansi Pemodal Asing Meresahkan Pengusaha Furnitur Jepara

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait Ekspansi Pemodal Asing Meresahkan Pengusaha Furnitur Jepara

arsitek persiapan renovasi rumah

Persiapan Renovasi Rumah

T 21 Februari 2019 F A rezkyh

Setiap orang pasti memiliki rumah impian / rumah idaman. Terkadang kita membeli rumah bekas dalam kondisi yang kurang baik lalu ingin erenovasinya. Atau terkadang kita sudah memiliki rumah lama namun ingin ada penambahan ruang di dalamnya. Untuk melakukan renovasi rumah,... Selengkapnya

anak kampus

5 Design Kaos Yang Cocok Untuk Anak Kampus

T 18 Februari 2019 F A cepkurnia

5 Design Kaos Yang Cocok Untuk Anak Kampus – Anak kampus didominasi oleh para remaja yang mana untuk penampilan itu jadi prioritas utama, namun dalam kenyataan nya penampilan yang keren perlu dana yang tidak sedikit, misal dengan harga kaos yang... Selengkapnya

7 Tips Memilih Cream Pemutih Wajah yang Aman

T 14 Juni 2019 F A lathif

Krim pemutih wajah yang beredar di pasaran tidak semuanya punya kualitas baik dan aman digunakan dalam jangka panjang. Sebagian ada yang dibekali dengan kandungan untuk memberikan hasil instan semisal merkuri dan hidrokinon yang secara ilmiah terbukti punya efek negatif setelah... Selengkapnya

+ SIDEBAR