Beranda » Uncategorized » Ekspansi Pemodal Asing Meresahkan Pengusaha Furnitur Jepara

Ekspansi Pemodal Asing Meresahkan Pengusaha Furnitur Jepara

T Diposting oleh pada 4 Juni 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 99 kali

Pemerintah Kabupaten Jepara (Pemkab Jepara) diminta untuk lebih serius dalam memberikan perlindungan bagi keberlangsungan industri furnitur Jepara dan kerajinan kayu jati di daerah tersebut. Perlindungan yang dimaksud adalah dalam hal pemberian izin kepada investor asing yang akan membuka usaha pengolahan kayu di wilayah Kabupaten Jepara. Sejauh ini, Pemerintah Kabupaten Jepara dianggap masih terlalu longgar dalam hal ini.

industri produk jepara

Kelonggaran izin kepada investor asing dianggap digunakan oleh orang-orang tertentu yang benar-benar dapat mengancam kedaulatan industri mebel dan kerajinan kayu jati di Kabupaten Jepara. “Sejauh ini, banyak investor asing telah memasuki pusat furnitur di Jepara, seperti Cina dan Korea. Namun, investor Cinalah yang paling banyak,” kata Alfiatun, salah satu pengrajin set kursi jati dan furnitur Jepara lainnya.

Yang mengkhawatirkan, kata Alfiatun, ada cukup banyak bisnis asing di pusat furnitur Jepara yang hanya menggunakan orang lokal. Misalnya, membeli aset tanah masyarakat untuk meminjam nama untuk mendirikan tempat usaha di Jepara.

Secara umum, ini dilakukan untuk menyederhanakan persyaratan untuk membangun bisnis atau untuk memperlancar proses perizinan. “Untuk investasi asing langsung (PMA), sebenarnya sulit untuk berurusan dengan izin, jadi mereka menggunakan orang kita untuk memfasilitasi perizinan,” jelasnya.

Masih kata Alfiatun, bahkan cara yang lebih ekstrem juga dilakukan. Misalnya dengan kawin kontrak dengan seorang wanita Jepara. Fenomena ini marak di Jepara, yang menurutnya bisa mengancam masa depan industri furnitur Jepara. Pada akhirnya, pengusaha lokal tidak memiliki nilai tawar sampai kemampuan untuk dapat melawan kekuatan keuangan investor asing.

Hal yang sama juga disepakati oleh Susilowati, pembuat kamar set jati lainnya. Dia khawatir bahwa kekuatan investor asing akan menggeser pengusaha lokal dan mengendalikan industri furnitur di Jepara.

Dia juga khawatir beberapa orang di Jepara masih bisa digunakan. Sejauh ini, memang telah ada ekspansi investor asing di industri furnitur di Jepara. Jika dulu pembeli asing membeli produk furnitur Jepara dari pameran, sekarang pemilik modal juga bebas datang langsung ke pusat-pusat industri melalui masyarakat setempat.

Belum ada Komentar untuk Ekspansi Pemodal Asing Meresahkan Pengusaha Furnitur Jepara

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait Ekspansi Pemodal Asing Meresahkan Pengusaha Furnitur Jepara

Ternyata Ini Manfaat Sholat Hajat Setiap Hari

T 18 Februari 2019 F A dwikhasbullah

Manfaat Sholat Hajat Setiap Hari Adapun manfaat sholat hajat adalah sebagai berikut : Jalan terkabulnya doa Sholat hajat merupakan salah satu salat yang dilakukan ketika seseorang memiliki keinginan atau hajat tertentu. Untuk itu Sudahlah sangat jelas bahwa salah satu manfaat... Selengkapnya

atraksi di Bali

Liburan Kantor Di Pulau Dewata Bali

T 17 Maret 2019 F A pendekarmuda

5 minggu lagi kantor akan pergi berjalan-jalan ke Pulau Bali. saya beserta beberapa teman dari divisi keuangan diajak oleh Bapak Manager untuk menikmati pemandangan di Pulau Bali. Ini pertama kali akan pergi berwisata di Pulau Bali. Dan mungkin saya tidak... Selengkapnya

Cara Mengatasi WC Macet Dengan Mudah

T 18 Maret 2019 F A fadilm

WC yang macet memang menjadi masalah serius bagi seluruh keluarga. Jika anda memiliki masalah WC yang tiba – tiba macet, kami sedot WC Jakarta Selatan akan memberikan sedikit tips cara mengatasi wc macet untuk anda. Anda pernah mengalami masalah WC... Selengkapnya

+ SIDEBAR