Beranda » Uncategorized » Pilih Naik Haji atau Beli Mobil Dulu?

Pilih Naik Haji atau Beli Mobil Dulu?

T Diposting oleh pada 3 September 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 167 kali

Haji memang “untung-untungan” kata orang. Ada yang punya uang tapi tidak punya waktu untuk berziarah (antri haji, misalnya), ada yang punya waktu tetapi tidak punya uang untuk pergi haji. Bahkan, ada yang sepertinya tidak punya uang dan tidak punya waktu, tiba-tiba mereka ingin berhaji tahun ini.

Ya memang berhaji baik dengan haji reguler, khusus maupun Haji Furoda adalah anugrah dari Allah Ta’ala, masing-masing hamba-Nya yang secara spiritual Hanif ingin bersimpuh di dekat Ka’bah dan merasakan nikmatnya beribadah dan bermunajat kepada Allah. Insya Allah, kita bisa segera berhaji. Amiin

Yang menjadi sorotan adalah orang-orang yang sudah memiliki uang dan memenuhi kemampuan berhaji, tetapi menundanya, ia malah lebih memilih untuk memenuhi kebutuhan tersier atau kebutuhan sekunder yang tidak terlalu mendesak. Contohnya mobil, jika ini merupakan kebutuhan primer, misalnya kebutuhan akan mobil di kota-kota besar dengan banyak anak. Jadi tidak apa-apa untuk diutamakan, tetapi jika hanya kebutuhan tersier, maka berhaji harus diutamakan dalam mengalokasikan harta. Bahkan ada ancaman bagi mereka yang sengaja menunda untuk berhaji.

Kewajiban untuk haji dan umrah sekali seumur hidup

Allah Subhanallahu Wa Ta’ala berfirman,

وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلًا وَمَنْ كَفَرَ فَإِنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ عَنِ الْعَالَمِينَ

Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah; Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam. (Ali Imran ayat 97)

Ibnu Katsir rahimahullah berkata:

هذه آية وُجُوب الحج عند الجمهور

“Ini adalah ayat yang menunjukkan wajibnya haji menurut pendapat Jumhur ulama

Demikian juga perintah dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam, beliau bersabda,

Wahai manusia, telah diwajibkan atas kalian berhaji maka berhajilah”, kemudian ada seorang bertanya: “Apakah setiap tahun Wahai Rasulullah?”, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam tidak menjawab sampai ditanya tiga kali, barulah setelah itu beliau menjawab: “Jika aku katakan: “Iya”, maka niscya akan diwajibkan setiap tahun belum tentu kalian sanggup, maka biarkanlah apa yang sudah aku tinggalkan untuk kalian, karena sesungguhnya telah binasa orang-orang sebelum kalian, akibat banyaknya pertanyaan dan penyelisihan mereka terhadap nabi mereka, maka jika aku perintahkan kalian dengan sesuatu, kerjakanlah darinya sesuai dengan kemampuan kalian dan jika aku telah melarang kalian akan sesuatu maka tinggalkanlah.

Perintah bersegera haji dan Umrah

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

تَعَجَّلُوا إِلَى الْحَجِّ – يَعْنِي : الْفَرِيضَةَ – فَإِنَّ أَحَدَكُمْ لاَ يَدْرِي مَا يَعْرِضُ لَهُ

Bersegeralah kalian berhaji-yaitu haji yang wajib-karena salah seorang diantara kalian tidak tahu apa yang akan menimpanya

Beliau juga bersabda,

مَنْ أَرَادَ الْحَجَّ فَلْيَتَعَجَّلْ فَإِنَّهُ قَدْ يَمْرَضُ الْمَرِيضُ وَتَضِلُّ الضَّالَّةُ وَتَعْرِضُ الْحَاجَةُ

Barangsiapa yang ingin pergi haji maka hendaklah ia bersegera, karena sesungguhnya kadang datang penyakit, atau kadang hilang hewan tunggangan atau terkadang ada keperluan lain (mendesak)”

Ancaman Bagi yang menunda-nunda haji

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ الله , عَزَّ وَجَلَّ , يَقُولُ : إِنَّ عَبْدًا أَصْحَحْتُ لَهُ جِسْمَهُ ، وَأَوْسَعْتُ عَلَيْهِ فِي الْمَعِيشَةِ تَمْضِي عَلَيْهِ خَمْسَةُ أَعْوَامٍ لاَ يَفِدُ إِلَيَّ لَمَحْرُومٌ.

Sesungguhnya Allah Azaa wa jalla berfirman, “Sesungguhnya seorang hamba telah Aku sehatkan badannya, Aku luaskan rezekinya, tetapi berlalu dari lima tahun dan dia tidak menghandiri undangan-Ku naik haji, karena yang berhaji disebut tamu Allah, pent, maka sungguh dia orang yang benar-benar terhalangi dari kebaikan.

Dengan demikian kuatkanlah tekad anda untuk berhaji ikhlas karena Allah Ta’ala, semoga Allah Ta’ala memudahkan segala urusan kita semua.

 

 

 

Belum ada Komentar untuk Pilih Naik Haji atau Beli Mobil Dulu?

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait Pilih Naik Haji atau Beli Mobil Dulu?

atraksi di Bali

Liburan Kantor Di Pulau Dewata Bali

T 17 Maret 2019 F A pendekarmuda

5 minggu lagi kantor akan pergi berjalan-jalan ke Pulau Bali. saya beserta beberapa teman dari divisi keuangan diajak oleh Bapak Manager untuk menikmati pemandangan di Pulau Bali. Ini pertama kali akan pergi berwisata di Pulau Bali. Dan mungkin saya tidak... Selengkapnya

bisnis pulsa murah

Tips Sukses Terbaru Bisnis Pulsa Murah

T 11 April 2019 F A yayan

Tips Bisnis Pulsa Murah Seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi, kini semua kegiatan banyak dilakukan dengan sistem online. Hal yang sama juga terjadi pada bisnis pulsa. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk memulai bisnis pulsa murah sebagai salah satu cara... Selengkapnya

Memasang Backlink Untuk Optimasi Website?

Memasang Backlink Untuk Optimasi Website?

T 20 Maret 2019 F A pendekarmuda

Pemasangan backlink adalah salah satu aspek penting dari teknik SEO. Jika Anda belum melakukan strategi membangun link sebagai salah satu teknik SEO yang anda lakukan, maka anda mungkin kehilangan banyak peluang bisnis.

+ SIDEBAR