Beranda » Uncategorized » Pondasi untuk Rumah Tinggal

Pondasi untuk Rumah Tinggal

T Diposting oleh pada 7 September 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 34 kali

Dalam membangun rumah, tidak ada yang bisa menolak kebutuhan akan pondasi yang baik dan kokoh. Sebab, memaksakan diri dengan pondasi yang tidak layak risikonya fatal, yang pada akhirnya bisa merobohkan rumah yang sudah susah payah dibangun.

Pondasi sendiri bisa diartikan sebagai bagian dari bangunan, umumnya berada di bawah permukaan tanah, dan fungsinya sebagai penopang antara beban bangunan dengan lapisan tanah penyokong bangunan tersebut.

Karena sebuah bangunan menimbulkan beban yang harus dipikul oleh tanah yang berada di bawahnya, maka diperlukan sebuah pondasi untuk membagi beban tersebut, sehingga tidak melebihi tekanan tanah yang seharusnya.

Oleh sebab itu, kuat tidaknya sebuah bangunan bisa berdiri, tergantung dari pondasi yang dibuat. Berkaitan dengan pembuatan rumah 1 lantai, pondasi yang dibuat haruslah kuat dan kokoh supaya bisa menahan beban rumah yang akan dibangun, baik rumah itu berukuran kecil, sedang, ataupun besar.

Maka, sangat penting membuat perhitungan yang tepat dan mendetail agar memperoleh pondasi yang sebaik mungkin. Sehingga, kestabilan bagunan rumah lebih terjamin.

Ada beberapa tipe pondasi yang berbeda untuk mendirikan sebuah rumah. Penting bagi Anda untuk mengetahuinya agar bisa menentukan tipe pondasi yang tepat dan sesuai untuk rumah Anda, contohnya kedalaman dan tipe pondasi rumah 1 lantai akan berbeda dengan rumah berlantai 2.

Kedalaman pondasi rumah 1 lantai ini bergantung pada lokasi tanah padat yang menyokongnya. Sementara bentuk pondasi bergantung pada bobot bangunan dan kondisi tanah di sekitar bangunan.

Kedalaman pondasi harus disesuaikan dengan keadaan tanah, apakah ia sanggup menahan beban rumah ataukah tidak. Dilihat dari daya dukungnya, tanah dibedakan menjadi empat tipe, yaitu tanah keras, sedang, lembek, dan sangat lembek. Pembuatan pondasi juga harus memperhitungkan posisi lapisan tanah keras.

Jika berada pada kedalaman 0 sampai 3 m, bisa diterapkan jenis pondasi dangkal. Jika posisinya berada pada kedalaman 3 sampai 20 m, jenis pondasi yang sebaiknya dipilih adalah pondasi dangkal hingga pondasi dalam. Namun jika tanah keras posisinya tersembunyi pada kedalaman di atas 20 m, pondasi yang dipilih haruslah jenis pondasi dalam yang kuat seperti tipe tiang pancang dan bore pile.

Untuk membuat rumah 1 lantai, biasanya menggunakan pondasi dangkal. Sesuai namanya, pondasi ini dibuat dengan kedalaman yang dangkal, tidak lebih dari 1/3 dari lebar pondasi hingga kedalaman kurang dari 3 m. Dilihat dari kedalamannya, pondasi dangkal ini terbagi lagi menjadi beberapa tipe, di antaranya sebagai berikut.

  1. Pondasi Batu Kali

Pada kondisi tanah yang normal, kedalaman galian tanah pondasi batu kali yang ditujukan untuk rumah 1 lantai sekitar 80 sampai dengan 100 cm.

  1. Pondasi Telapak

Tanah yang digali untuk pondasi telapak (foot plate) memiliki kedalaman sekitar 2 m di bawah permukaan tanah, biasanya menggunakan beton bertulang.

  1. Pondasi Plat Beton Lajur

Pondasi ini terbilang kuat, dibuat dari beton bertulang. Ukuran lebarnya adalah 70 cm, serupa dengan lebar bawah pada pondasi batu kali, karena memang fungsinya sebagai alternatif dari pondasi tersebut.

  1. Pondasi Sumuran

Pondasi sumuran disebut juga cyclop beton karena memakai pondasi beton dengan diameter 60 cm sampai 80 cm dan memiliki kedalaman 1 m hingga 2 m.

Akan tetapi, jika bangunan rumah berdiri di atas tanah bertipe lunak atau tanah urug, akan lebih aman jika pondasi diposisikan pada tanah padat. Daripada menggunakan pondasi dangkal, Anda bisa menggunakan jenis pondasi dalam bertipe strauss pile dengan kedalaman 3 meter, tetap sesuaikan dengan kondisi tanah.

Untuk menentukan pondasi anda harus menggunakan desain gambar rumah / gambar pondasi, yang dibuat oleh perencana / arsitek. Semoga informasi tentang kedalaman pondasi rumah 1 lantai ini bermanfaat ya.

Belum ada Komentar untuk Pondasi untuk Rumah Tinggal

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait Pondasi untuk Rumah Tinggal

manfaat menggunakan jamu kuat

Manfaat Menggunakan Jamu Kuat untuk Performa Lelaki di Ranjang

T 1 Mei 2019 F A suyuti

Orang-oraang tradisional sepertinya lebih mempercayai jamu kuat tahan lama di ranjang dibanding obat-obat kimia yang terjual di pasaran. Tidak salah, sebab keduanya sama-sama memiliki khasiat yang tak jauh beda. Cuma yang berbeda adalah kecepatan khasiat serta keamanan dari jamu kuat... Selengkapnya

Cara Mengatasi WC Macet Dengan Mudah

T 18 Maret 2019 F A fadilm

WC yang macet memang menjadi masalah serius bagi seluruh keluarga. Jika anda memiliki masalah WC yang tiba – tiba macet, kami sedot WC Jakarta Selatan akan memberikan sedikit tips cara mengatasi wc macet untuk anda. Anda pernah mengalami masalah WC... Selengkapnya

Cara Membuat Caption IG Yang Menarik

T 30 Maret 2019 F A mtimoti

Instagram adalah salah satu sosial media yang sangat populer di kalangan anak muda dan seluruh masyarakat indonesia, banyak sekali di antara kita yang memanfaat kan instagram sebagai tempat jualan (online shop) dan ada juga yang mengidam-idam kan menjadi populer di... Selengkapnya

+ SIDEBAR